Cara Mengatur Jarak Spasi Baris Kalimat Line Spacing - Belajar Word n Excel

Tips Tutorial Word dan Excel

Post Top Ad

wwwwww

Cara Mengatur Jarak Spasi Baris Kalimat Line Spacing

Share This
Cara mengatur jarak spasi baris, kalimat, atau line spacing tentu sangat dibutuhkan saat bekerja dengan microsoft word. Dengan mengatur spasi baris, kalimat, atau line spacing akan dihasilkan tulisan yang rapi dan sesuai dengan keinginan. Seperti halnya saat membuat sebuah karya tulis, tugas akhir, bahkan makalah dan skripsi, sering kali disyaratkan menggunakan jarak spasi garis (line spacing) tertentu. 

Semisal menggunakan jarak spasi 1,5. Padahal secara default microsoft word 2007 ke atas menggunakan jarak spasi 1,15. Berarti mau tidak mau kita harus mengubah jarak spasi baris (line spacing) sesuai dengan ketentuan pemberi tugas. Pun sering kali dalam penugasan pembuatan makalah atau skripsi mensyaratkan penggunaan spasi ganda atau 2,0.

Untuk mengubah dan mengatur jarak spasi baris ini bisa dilakukan dengan sangat mudah. Dan blog Belajar Word dan Excel ini akan segera membahas tipsnya.


Sebagai contoh seumpama sebelumnya kita telah mengetik sebuah dokumen dengan menggunakan jarak spasi 1 atau 1,15 dan ingin merubahnya menjadi jarak spasi baris 1,5.
  1. Blok semua tulisan yang akan dirubah jarak spasinya.
  2. Aktifkan tab menu "Home"
  3. Pada kelompok ribbon "Paragraf", klik ikon "Line Spacing"


  4. Muncul menu drop down, klik jarak spasi yang diinginkan semisal 1.5


Selesai, kini jarak spasi baris (line spacing) dokumen akan langsung berubah dari yang semua 1.15 menjadi 1.5. Langkah-langkah yang sama saat ingin merubah jarak spasi baris ke ukuran yang lainnya.

Selain dilakuakn setelah tulisan selesai diketik, pengaturan jarak spasi baris dapat juga dilakukan sebelum mulai mengetik. Caranya sebelum mulai mengetik lakukan langkah 2-4 di atas. Dengan itu nantinya tulisan yang diketik akan mengikuti pengaturan jarak spasi baris yang ditentukan (dipilih).

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad