Cara Membuat Barcode dengan Microsoft Excel - Belajar Word n Excel

Tips Tutorial Word dan Excel

Post Top Ad

wwwwww

Cara Membuat Barcode dengan Microsoft Excel

Share This
Memangnya ada cara membuat barcode dengan menggunakan microsoft excel?. Yup, ternyata kita bisa membuat barcode dengan sangat mudah dengan menggunakan microsoft excel. Tips excel inilah yang akan kita praktekkan dalam kesempatan kali ini.

Barcode adalah kode kumpulan data optik yang disajikan dalam bentuk garis tipis dan tebal yang biasanya berisikan informasi mengenai sebuat barang atau produk. Untuk membaca barcode diperlukan alat pembaca khusus yang dinamai barcode scanner. Dengan alat inilah akan diketahui data-data terkait sebuah produk.

Bagaimana cara membuat barcode? Barcode bisa dibuat dengan berbagai software khusus. Mulai dari software gratis semacam Free Barcode generator dan Barillo Barcode Software, hingga yang berbayar seperti Barcode Label Maker dan BarTender Professional. Juga bisa dengan menggunakan layanan barcode online.

Selain itu, membuat barcode bisa juga dengan menggunakan microsoft office, baik excel, word, maupun power point. Yang akan kita pelajari kali ini adalah tips membuat barcode dengan menggunakan microsoft excel.

barcode excel
Membuat Barcode dengan Microsoft Excel



Cara Membuat Barcode dengan Menggunakan Excel

Untuk dapat membuat barcode dengan menggunakan microsoft excel, terlebih dahulu harus terinstal font khusus barcode. Ada beberapa jenis font untuk barcode yang salah satunya adalah font Code 128. Karena itu sebelum kita mulai memprkatekkan tips kali ini, terlebih dahulu download dan instal font tersebut.

Font code 128 dapat didownload gratis di sini. Setelah didownload, instal font tersebut ke dalam direktori C:\Windows\Fonts. Caranya, bagi yang belum bisa, cukup gampang, yaitu :
  1. Copy font code 128 yang telah diunduh
  2. Buka direktori C:\Windows\Fonts (Computer >> Local Disk (C) >> Windows >> Fonts) kemudian pastekan file tadi
Setelah font code 128 terinstal ke dalam direktori C:\Windows\Fonts, sekarang saatnya membuat barcode dengan menggunakan microsoft excel. Caranya bisa disimak dalam video tutorial berikut:



Atau simak langkah-langkahnya sebagai berikut:
  1. Buka Microsoft Excel
  2. Ketikkan angka atau data yang akan dijadikan barcode di salah satu cell (semisal cell B3)
  3. Tulis di cell lain (semisal C3) formula =B3 (di mana B3 adalah cell tempat data yang akan dirubah menjadi barcode)
  4. Ubah jenis huruf pada cell C3 menjadi font code 128
  5. Perbesar ukuran font pada cell C3
  6. Selesai, barcode telah jadi
Ternyata cara membuat barcode dengan menggunakan microsoft excel sangat mudah dan singkat. Tips ini dapat langsung dicoba.

2 comments:

  1. Ini adalah cara sederhana untuk membuat kode QR di Microsoft Excel. Dari memilih jenis kode QR hingga menyesuaikan ukurannya, semuanya cukup mudah. Bagian yang menarik adalah Anda juga dapat mengekspor kode QR sebagai gambar ke PC. Ini jelas merupakan pilihan yang patut untuk dicoba.

    ReplyDelete

Post Bottom Ad