Menghilangkan Gridlines (Garis Cell) Pada Excel 2013 2010 2007 - Belajar Word n Excel

Tips Tutorial Word dan Excel

Post Top Ad

wwwwww

Menghilangkan Gridlines (Garis Cell) Pada Excel 2013 2010 2007

Share This
Menghilangkan gridlines atau garis batas cell pada excel 2013, 2010, dan 2007 apakah bisa?. Jawabnya, bisa dan mudah saja. Gridlines atau garis bantu batas sel tersebut dapat kita sembunyikan, hilangkan, sekaligus munculkan kembali dengan sangat mudah.

Garis gridlines adalah garis bantu berwana abu-abu (default) yang horisontal dan vertikal berfungsi sebagai pembatas sel (cell). Karena sebagai garis bantu, gridlinen hanya tampil saat kita membuka tampilan microsoft excel dan tidak tampil saat mencetak lembar kerja (tidak ikut tercetak oleh print).

Walaupun sebagai garis bantu, dan tentunya sangat membantu saat kita bekerja di worksheet excel, namun terkadang kita pada situasi yang sebaliknya. Dalam suatu pekerjaan tertentu, garis bantu (gridlines) tersebut terasa mengganggu. Dan oleh karena itu kita ingin menghilangkannya atau menyembunyikannya. Dan selanjutkan ketika pekerjaan itu telah selesai kita ingin kembali menampilkannya.

Bagaimana caranya untuk menghilangkan, menyembunyikan, dan menampilkan kembali gridlines di microsoft excel 2007, 2010, maupun 2013?. Blog Belajar Word dan Excel akan segera membahas tips microsoft excel ini.


Menghilangkan dan Menyembunyikan Gridlines

Untuk menghilangkan dan menyembunyikan gridlines sangat mudah dan cepat. Caranya adalah:
  1. Klik tab "View"
  2. Pada kelompok ribbob "Show" hapus centang pada kotak di depan "Gridlines"

Dan gridlines pun akan otomatis hilang dari lembar kerja microsoft excel. Untuk menampilkannya kembali lakukan langkah-langkah yang sama, dan berikan centang pada kotak di depan kata "Gridlines"

Selaian melalui tab "View", menghilangkan dan menyembunyikan gridlines juga dapat dilakukan melalui tab "Page Layout". Pada kelompok ribbon "Sheet Option" hilangkan centang di depan "Gridlines".


Masih kurang? Ada tips lain untuk menghilangkan dan menyembunyikan gridlines adalah dengan menggunakan tombol shortcut windows. Tekan saja kombinasi tombol "Alt + W + V + G" pada keyboard komputer dan otomatis gridlines akan menghilang dalam sekejap.

Itulah beberapa cara dan tips untuk menghilangkan, menyembunyikan gridlines atau garis bantu antar cell di microsoft excel. Gambar-gambar yang disertakan di sini menggunakan microsoft excel 2013, namun langkah-langkah dan posisi tombol tersebut sama persis dengan yang terdapat di microsoft excel 2007 maupun 2010. Sehingga tips excel ini dapat diberlakukan pada versi microsoft excel 2013, 2010, maupun 2007.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad